Cara download dan nonton video youtube meskipun koneksi internet lambat / lemot


YouTube Go adalah aplikasi Android gratis yang dikembangkan oleh Google untuk membantu mencari dan menonton video youtube di negara-negara di mana koneksi internetnya lambat / lemot. Itu berarti Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk menemukan dan menonton video YouTube bahkan ketika Anda terhubung ke jaringan lambat. Ini sebenarnya adalah versi lite dari aplikasi resmi YouTube dan secara khusus dibuat untuk mengkonsumsi sedikit data ponsel dan dapat bekerja dengan bandwidth rendah. Untuk membantu Anda menonton video tanpa buffering saat koneksi lambat, youtube Go membatasi video secara default dengan kualitas maksimal 640p. Ini berarti  Anda tidak dapat menonton video dengan kualitas lebih dari 640p di YouTube Go.

Terlepas dari menonton video, juga memungkinkan Anda untuk menyimpan video untuk melihat secara offline dengan cara yang sama seperti yang Anda lakukan di aplikasi resmi YouTube. Salah satu fitur unik dari YouTube Go, adalah memungkinkan Anda mengirim video yang anda download ke pengguna lain YouTube Go tanpa menggunakan data seluler atau wifi. cukup gunakan Bluetooth untuk mengirim dan menerima video YouTube Go . Mirip dengan "ShareIt", Anda juga dapat mengirim video yang tersimpan melalui WIFI langsung ke semua pengguna YouTube Go yang lain yang pada jaringan WIFI yang sama.

Berbeda dengan aplikasi resmi YouTube, YouTube GO tidak memiliki berbagai fitur seperti meng-upload video, playlist, subscribe option, menonton di TV, browsing dengan tag, view in Cardboard, komentar, saluran, dll Fitur lain yang penting yang juga tidak ada adalah pilihan untuk memilih kualitas video standar seperti 240p, 360p, 480p, 720p, dll Namun, Anda bisa memilih antara kualitas basic atau standard pada saat akan menonton video. Opsi basic dan standard memiliki kontrol untuk memilih seberapa banyak data (dalam MB) jika anda menonton video yang anda pilih.


Catatan: YouTube GO masih dalam versi beta, versi yang belum dirilis di Google Play Store. Anda dapat men-download dari sini . Saat ini, mendukung bahasa seperti bahasa Inggris, bahasa Indonesia, dan bahasa daerah lainnya seperti Hindi, Tamil, Bengali, Marathi, Gujarati, dll


Cara Menggunakan YouTube Go di Android:

Ketika Anda menginstal dan membuka aplikasi ini, Anda diminta untuk memasukkan nomor telepon Anda dan kemudian menghubungkan akun Google Anda. Ini akan membantu Anda membuat akun baru di YouTube Go. Setelah Anda melakukannya, Anda dapat mulai menggunakan YouTube Go. Pada layar utama YouTube Go, Anda akan melihat dua tab yang berbeda, bernama "Home" dan "Saved".tab "Home" membantu Anda menelusuri video YouTube. Semua video yang Anda simpan untuk melihat secara offline akan terlihat di tab "Saved".

Tab "Home" pada dasarnya menunjukkan semua tren dan video populer sesuai dengan lokasi Anda. Anda hanya dapat menggulir dan menelusuri video di tab ini. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan icon "Search" untuk menemukan video yang Anda inginkan di YouTube. Setelah itu, Anda dapat memutar video dengan hanya menekannya. Sebelum Anda memutar video apapun, YouTube Go akan menampilkan preview video dan juga memungkinkan Anda untuk menentukan jumlah data yang akan digunakan saat menonton atau men-download video. Saya akan menjelaskan bagaimana menentukan jumlah data yang akan digunakan di bagian bawah ini.

Cara Menentukan Jumlah Data yang akan digunakan untuk Menonton dan menDownload Video:

Ketika Anda menekan setiap video yang Anda ingin bermain, dialog popup akan muncul dengan opsi untuk menentukan jumlah data yang akan digunakan saat streaming atau men-download video yang dipilih. Anda akan melihat dua pilihan yang berbeda bernama, "Basic" dan "Standard", bersama dengan jumlah yang diperlukan data untuk masing-masing pilihan.

menentukan jumlah data yang digunakan-semutsujud
pilihan "Basic" akan mengkonsumsi sedikit data, sedangkan pilihan "Standard"  akan memakan lebih banyak data daripada pilihan "Basic". Untuk setiap video yang akan pilih, jumlah data basic dan Standard akan berbeda. Setelah selesai menentukan jumlah data yang akan digunakan, Anda dapat memutar video atau download untuk melihat secara offline.

Di bagian atas dialog popup, juga akan menampilkan preview video yang dipilih frame by frame. Sekarang, untuk menonton video, cukup tekan tombol "Play" dan video akan mulai diputar di pemutar built-in. Berbeda dengan aplikasi resmi YouTube, YouTube Go tidak menyediakan opsi tambahan dengan player built-in, seperti menambah playlist, komentar, dll.

Cara Download Video di YouTube Go App (offline):

Selain bermain video setelah menentukan jumlah data yang akan digunakan, Anda juga dapat men-download video untuk melihat secara offline di aplikasi YouTube Go. Untuk men-download video apapun, Anda harus menekan tombol "Simpan" pada dialog popup yang muncul ketika Anda memilih video.

cara download di youtube go-semutsujud
Seperti yang Anda lihat dalam gambar di atas, Anda disuguhi pilihan untuk memilih kualitas video saat men-download. Salah satu pilihan itu telah ditambahkan di sini adalah "Kualitas Basic", yang mengkonsumsi sangat sedikit data untuk men-download video.

Semua video yang di download akan terlihat di tab "Saved". Anda dapat mengakses dan menontonnya kapanpun , bahkan ketika Anda tidak memiliki sambungan Internet aktif. Selain itu, Anda juga akan melihat opsi untuk berbagi video download ke pengguna lain di tab "Saved". Saya akan menjelaskan langkah-langkah yang diperlukan untuk berbagi video di bagian bawah.

Cara Berbagi Video via Bluetooth dan WIFI Direct:

Fitur terbaik dari YouTube Go adalah bahwa hal itu memungkinkan Anda berbagi video download melalui Bluetooth dan WIFI Direct. Itu berarti tanpa koneksi internetpun Anda dapat berbagi video yang telah Anda download untuk melihat secara offline dengan pengguna lain YouTube Go.

cara berbagi video di youtube go-semutsujud
Untuk berbagi video download, cukup tekan tombol "Send" di bagian bawah tab "Saved". setelah itu Anda  diminta untuk memilih video yang ingin Anda bagi. Setelah Anda memilih video, maka secara otomatis akan membuat hotspot untuk berbagi video melalui WIFI langsung seperti yang biasa Anda lakukan dengan aplikasi ShareIt. Penerima hanya dapat bergabung dengan hotspot WIFI dan kemudian menekan tombol "Receive"di bagian bawah tab "saved" untuk menerima video yang Anda kirim. Bila diminta, Anda perlu memilih penerima dan penerima harus memilih pengirim untuk menyelesaikan transfer video.

Jika Anda tidak ingin menggunakan WIFI untuk berbagi video, maka Anda dapat mengirim video melalui bluetooth tanpa membuang-buang data ponsel anda.

berbagi via bluetooth-semutsujud



Kesimpulan:

Kelemahan dari YouTube Go adalah tidak memiliki banyak fitur seperti aplikasi resmi YouTube. Tapi, jika Anda memiliki konektivitas internet yang lambat, maka aplikasi ini sangat cocok untuk menonton video YouTube. Fitur lain yang saya suka tentang aplikasi ini adalah memungkinkan Anda menentukan jumlah data yang ingin Anda gunakan untuk streaming atau download video. Anda juga dapat mengirim video favorit Anda ke pengguna YouTube Go lainnya menggunakan Bluetooth atau WIFI Direct.