cara memperbaiki 100% Disk Usage di Windows 8 / 10

Cara memperbaiki 100% Disk Usage di Windows 8 / 10 - Salah satu masalah yang paling sulit untuk di selesaikan dari Windows 10 / 8 / 8.1 adalah ketika tiba-tiba sistem tidak merespon atau terlalu lambat untuk merespon (slow respons). Salah satu yang menyebabkan timbulnya masalah tersebut biasanya disebabkan ketika Disk Usage mencapai angka 100% di Task Manager.

Apakah bug yang menyebabkan masalah di Windows 10? Kita tidak bisa memastikan alasan yang tepat apa penyebabnya, mengapa? karena masalah tidak pernah muncul pada komputer yang menggunakan OS Windows 7, masalahnya justru muncul setelah upgrade ke Windows 10.

Dalam postingan ini, saya akan membahas langkah demi langkah untuk memecahkan masalah yang disebutkan diatas, saya juga banyak membaca di forum-forum yang memberi saran seperti menonaktifkan SuperFetch, Prefetch dan layanan BITS juga, tapi saya tidak akan merekomendasikan hal yang sama. Maksud saya untuk memperbaiki masalah 100% disk usage ini, saya ada sedikit tips yang berbeda dengan yang ada di forum-forum. Saran saya begitu anda beli komputer atau laptop baru, ada baiknya anda membuat sistem restore point di komputer atau laptop anda. Apa fungsi dan bagaiamana caranya membuat sistem restore point di windows? anda bisa membacanya di artikel cara membuat sistem restore point di windows 10.


Jika Anda menghadapi masalah seperti itu, berikut adalah langkah-langkah pemecahan masalah yang dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut.

Cara memperbaiki 100% Disk Usage di Windows 8 / 10


1] Menggunakan Control Panel, uninstall semua browser - kecuali edge dan Internet Explorer. Hal ini untuk mengisolasi masalah dengan plugin. Saran lainnya adalah untuk menghapus plugin satu per satu dari masing-masing browser dan uji. Adobe Flash dan Shockwave Player biasanya salah satu penyebabnya.  Setelah menguninstall browser, hapus 'Temp', '% Temp%' dan file 'Prefetch'. Restart komputer anda dan periksa apakah dengan langkah-langkah diatas problem ini bisa terselesaikan. Jika tidak, tunggu selama 10-15 menit untuk memverifikasi bahwa pesan 100% disk usage tidak muncul lagi, Kemudian instal ulang browser yang tadi anda uninstall.

2] Coba cek dengan perintah command prompt Chkdsk barangkali bisa membantu menghilangkan pesan 100% disk usage. Buka CMD, ketik perintah berikut dan tekan Enter:

  chkdsk.exe / f / r 

parameter ChkDsk sebagai berikut:
/f mendeteksi error dan mengotomatisasi Perbaikan.
/r Mengidentifikasi Sektor Bad dan upaya pemulihan informasi.

3] Buka Windows Defender dan coba nonaktifkan proteksi berbasis Cloud.

4] Windows Search Indexer merupakan salah satu proses yang diketahui menyebabkan ini. Jika Anda menggunakan Windows Search, untuk sementara waktu coba anda menonaktifkan Windows Seach Indexer.

5] Jika langkah diatas belum berhasil, Jalankan services.msc dan nonaktifkan 'Print Spooler'. printer Anda akan berhenti bekerja setelah ini. Tapi setidaknya itu membantu meminimalisir masalah. Setelah Layanan manager terbuka, gulir ke bawah cari 'Print Spooler' dan klik pada pilihan menghentikan layanan. Jika berhasil, maka bisa jadi printer anda yang menyebabkan munculnya pesan 100% disk usage. baca juga tips meningkatkan kecepatan printer.

6] Sesuaikan Efek Visual pada Windows. untuk menyetel efek visual coba buka system properties >> advanced >>performance >> settings >> pilih Adjust for best performance.

7] Kadang-kadang Device Drivers dapat menjadi penyebabnya. Jadi coba perbarui Driver Anda. Anda bisa menggunakan Windows Update, download dari situs web produsen atau menggunakan software gratisan untuk Update Driver.

8] Buka Command Prompt (CMD), ketik perintah berikut ini dan tekan Enter.

  msdt.exe / id PerformanceDiagnostic

kode perintah ini bisa membantu user menyesuaikan pengaturan untuk meningkatkan kecepatan sistem operasi dan kinerja. Anda juga bisa mencari service aplikasi yang tidak sukses terjalankan saat booting. Anda bisa menggunakan Task Manager untuk mengetahuinya. Misalnya Anda punya aplikasi IDM tapi service IDM tidak berjalan saat komputer dihidupkan, dan terjadi terus walaupun komputer Anda telah reboot beberapa kali maka bisa dipastikan aplikasi Anda tersebut corrupt atau rusak. Untuk mengatasinya cukup instal ulang aplikasi tersebut dan lakukan update aplikasi agar tidak rusak. Biasanya rusak karena usang tidak diupdate secara berkala.
Kenapa hal ini bisa mempengaruhi Disk Usage? Karena pada dasarnya Windows saat booting, Windows melakukan proses Running semua aplikasi beserta services-nya di Hardisk komputer Anda agar berjalan semua. Dikarenakan ada file service aplikasi yang gagal berjalan saat booting karena rusak walaupun hanya satu, maka Windows akan memaksa file service tersebut agar dapat berjalan (padahal file services aplikasi itu rusak / tidak bisa dijalankan) sehingga Disk Usage menjadi 100% terus sampai service aplikasi itu berjalan.

9] Anda mungkin ingin memeriksa apakah Anda perlu meng-upgrade firmware atau meng-upgrade RAM Anda.

10] Opsi terakhir jika tidak ada yang berhasil gunakan Refresh Windows Tool untuk me-reset Windows 10 dan lihat apakah bisa membantu.

11] Dalam skenario khusus, jika Task Manager komputer Anda menunjukkan pemanfaatan disk 100% pada perangkat Windows 10  dengan Pesan Signaled Interrupt (MSI) modus diaktifkan, lihat artikel dukungan ini, siapa tahu bisa membantu. baca juga cara mengatasi "Your computer is low on memory" di windows 7, 8 dan 10.

Demikian tips Cara memperbaiki 100% disk usage, jika teman teman ada solusi yang lain silahkan anda tambahkan di kolom komentar. Saya tunggu tips dari kalian.

No comments

Mohon untuk tidak berkomentar yang mengandung unsur SARA, P*rno, SPAM