Cara Mengatasi Preview Thumbnail Tidak Muncul Di Windows 8 Explorer

Beberapa minggu yang lalu Saya menginstal Windows 8 RTM di komputer saya dan sejauh ini baik-baik saja tanpa ada masalah. Namun, satu hal yang aneh yang saya perhatikan adalah setiap kali saya melihat direktori yang berisi gambar atau video, saya hanya melihat ikon default untuk jenis file, bukan preview thumbnail dari file tersebut.

Jadi jika saya menavigasi ke library Gambar saya di Windows 8, saya hanya melihat ikon foto untuk setiap gambar seperti dibawah ini:

tampilan thumbnail gambar tidak muncul

Dan jika saya melihat sebuah direktori yang penuh dengan video di Windows 8, saya hanya melihat ikon video default:

tampilan thumbnail video tidak muncul

Ini tentu sangat menyebalkan dan ternyata saya baru sadar, preview thumbnail tidak muncul ini terjadi sejak saya menginstal Windows 8 di PC. Saya tidak yakin default tampilan ini bukan preview thumbnail seperti di Windows 7, tapi jika Anda ingin thumbnailnya kembali muncul di Windows Explorer, inilah cara melakukannya.

Pertama, buka Windows Explorer lalu klik pilihan Change folder and search options.

folder-and-search-options

Selanjutnya, klik pada tab View dan hapus centang pada kotak yang bertuliskan Always show icons, never thumbnails.

always-show-icons

Setelah Anda menghapus pilihan yang dicentang itu, Anda sekarang harusnya dapat melihat gambar mini untuk semua gambar, video dan bahkan dokumen Anda.

Ada satu cara lain yang bisa Anda gunakan untuk menyesuaikan tampilan ikon atau thumbnail di Windows Explorer. Pertama klik kanan pada komputer pada desktop dan pilih Properties. Kemudian klik Advanced System Settings di sisi kiri.

Ini akan membuka dialog System Properties. Di sini Anda perlu klik pada tab Advanced dan kemudian klik Settings.

advanced-system-settings

pastikan Show thumbnails instead of icons dicentang.

Dengan dua pengaturan ini, Anda sekarang harusnya melihat priview thumbnail untuk gambar, video, dokumen, dan jenis file lainnya di Explorer Windows 8. Jika Anda masih melihat ikon saja bukan thumbnail, kirim komentar di sini dan saya akan mencoba membantu. Silahkan dicoba!

No comments for "Cara Mengatasi Preview Thumbnail Tidak Muncul Di Windows 8 Explorer"