Cara melihat dan membuka Email Gmail secara Offline [download]



Cara melihat & membuka Email Gmail secara Offline - Gmail menyimpan semua email Anda di Google Drive. Jika Anda tidak percaya dengan layanan penyimpanan email untuk menyimpan dan backup semua email penting Anda, maka solusinya adalah Anda harus men-download salinan email Gmail Anda. Untungnya, layanan Google Takeout memungkinkan Anda untuk men-download data yang tersimpan di sebagian besar produk Google; termasuk Gmail.

Sekilas tentang Gmail

Gmail adalah kependekan dari Google Mail. Gmail / Google Mail adalah layanan email berbasis web yang disediakan oleh Google secara gratis. Layanan ini diluncurkan pada tanggal 21 Maret 2004 dan sempat membuat heboh banyak kalangan karena langsung menyediakan kapasitas email 1 GB yang pada saat itu sangat tidak wajar. Dan untuk pendaftarannya tidak terbuka untuk umum tetapi harus melalui undangan dari orang yang sebelumnya sudah mendapatkan account ( itu dulu hehe...Sekarang udah nggak ). Jika sekarang kita ingin mendaftar atau membuat akun gmail, kita bisa langsung mengunjungi situs resminya yaitu www.mail.google.com.

Di bawah ini saya akan memberikan tips petunjuk langkah demi langkah tentang cara men-download semua email Gmail menggunakan layanan Google Takeout dan bisa anda lihat secara offline di komputer anda. 

Download Email Gmail Menggunakan Google Takeout

Google Takeout adalah layanan terpisah, sehingga Anda akan harus mengakses situs Google Takeout dan masuk menggunakan akun Google Anda. Pada halaman berikutnya, Anda akan melihat semua layanan Google yang didukung dengan tombol "hijau" di sidebar samping . Dengan asumsi Anda hanya mencari dan untuk men-download data Gmail, klik pada  tombol "none select" di bagian paling atas untuk menghapus tanda centang dari semua produk Google.

cara melihat email gmail offline
Sekarang gulir ke bawah ke produk "Mail" , lalu klik tombol "abu-abu" di sebelahnya untuk memilihnya (setelah anda klik warna akan berubah menjadi hijau).
Untuk lebih menyesuaikan apa yang ingin Anda download (yang Anda harus), klik "Mail" dan pilih "select label".

Secara default, hanya 6 label utama Gmail yang dapat dipilih yang berisi semua email Anda, data Gmail lain seperti email di Sampah atau Spam, sinkronisasi log panggilan atau SMS dan pihak ketiga yang dikelola email tidak akan dipilih. Jika Anda ingin data yang lain, anda bisa pilih pada halaman ini juga dan klik "done".

Tip: Anda juga bisa bisa men-download semua kontak Anda di Gmail, cari produk "contact" dan silahkan donwload semua kontak.

Setelah semua data email sudah anda pilih, klik "Next" di bagian bawah dan pada langkah berikutnya pilih jenis file dan metode pengiriman . Jika Anda tidak tahu jenis file apa yang harus dipilih, maka pada "file type" pilih .zip. Untuk metode pengiriman, pilih link download melalui email. Setelah anda pastikan bahwa pilihan anda suda benart, klik pada tombol "Buat arsip" untuk memulai pemrosesan arsip. Setelah menerima link download lalu silahkan download arsip email anda dan simpan di PC Anda.

download gmail untuk dilihat secara offline
Tergantung pada ukuran data yang Anda miliki di Gmail, dapat memakan beberapa waktu untuk membuat arsip dan mengirimkannya kepada Anda (bahkan jam dan hari). Untuk file arsip saya yang berukuran 318MB, butuh sekitar 15 menit untuk menerima link download melalui email.
Setelah Anda men-download arsip, Anda harus mengekstrak file .zip menggunakan Windows built-in extractor atau menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti 7-Zip dan winrar. Dalam folder "Mail" dari Takeout arsip Anda akan menemukan file MBOX yang berisi semua email Gmail Anda.

format file mbox dibuat untuk email agar klien bisa membaca file tersebut, sehingga sistem operasi Anda tidak akan dapat membukanya. Di bawah ini akan saya jelaskan apa yang dapat Anda lakukan dengan file Mbox.

Buka File Mbox dan lihat Email secara Offline

Jika Anda tidak ingin mengimpor file Mbox ke klien email lain, maka Anda juga dapat melihat file di PC Anda menggunakan file viewer Mbox. Selain gratis Windows MBox Viewer ini sangat mudah digunakan, tetapi hanya untuk OS Windows. Jika Anda menggunakan Mac, Anda dapat mencoba MBOX Viewer untuk membuka file email anda. Link download MBOXViewer ada di akhir postingan ini.

Setelah anda Download dan membuka Windows MBox Viewer. Klik pada menu "File" dan pilih "Select folder" untuk memilih folder "Mail" yang Anda punya di arsip Takeout. Ini akan menambah folder di MBox Viewer dan Anda akan melihat semua email di panel atas. Anda dapat klik pada setiap email, isi email bisa anda lihat di jendela di bawahnya.

Tidak banyak fitur atau opsi kustomisasi di aplikasi ini, tetapi Anda bisa mencari, membaca dan berinteraksi dengan email persis seperti anda membuka email gmail anda secara online.
Selain melihat email secara offline, Anda juga dapat mengimpor file Mbox di email client untuk mentransfer semua email. Misalnya, Anda dapat memindahkan email Gmail yang didownload ke Thunderbird atau bahkan ke akun Gmail lain.

Kesimpulan

Men-download semua email Gmail Anda di PC Anda adalah cara yang bagus untuk backup email Gmail dan memiliki salinan untuk mengakses offline. Jika Anda berencana menggunakan metode ini untuk men-download dan backup email Gmail di PC Anda, maka Anda akan harus sesekali melakukan proses untuk memperbarui backup dan juga menghapus file Mbox yang sudah lama. Jika anda masih bingung dengan tips diatas, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya melalui komentar. Sebisa mungkin pertanyaan anda akan saya jawab. Sekian dan semoga bermanfaat.

Link donwload Mbox Viewer untuk OS Windows :

https://sourceforge.net/projects/mbox-viewer/


Link donwload Mbox Viewer untuk OS Macinthos :

http://www.mboxviewer.com/


Panduan download : blok/sorot pada alamat link>>>klik kanan>>pilih go to