Layar LCD vs OLED vs AMOLED: Apa Bedanya?

Jika Anda meneliti layar atau display, terutama display smartphone dan HDTV, Anda akan sering mendengar tentang layar dengan fitur "AMOLED" menjadi selling point. Tapi apa sebenarnya arti dari layar atau display ini?. 

Layar LCD vs OLED vs AMOLED: Apa Bedanya?

Mari kita bahas satu per satu. Pertama, berikut adalah dasar dari masing-masing jenis tampilan display atau layar ini.

LCD

LCD-Layar LCD vs OLED vs AMOLED: Apa Bedanya?

LCD, atau Liquid Crystal Display, adalah jenis tampilan dasar yang mengambil dan menggantikan standar CRT (tabung TV / monitor) lama. Ada banyak variasi panel LCD, termasuk panel LED-backlit (yang sering disebut panel LED, sebutan ini bikin bingung semua orang), panel IPS, dan sebagainya. Ini adalah salah satu standar tampilan yang lebih banyak digunakan,  disini kita juga akan membahas di mana dan perangkat apa saja yang menggunakan LCD ini.

OLED

OLED-Layar LCD vs OLED vs AMOLED: Apa Bedanya?

OLED, atau Organic Light-Emitting Diode, adalah teknologi display yang memanfaatkan senyawa organik dan pencahayaan spesifik piksel. Sifat-sifat ini bergabung untuk mengaktifkan warna yang lebih hidup dan warna hitam yang jauh lebih gelap dalam gambar, OLeh karena itu pencahayaan per piksel OLED jauh lebih akurat daripada yang dihasilkan di layar LCD LED-backlit.

AMOLED

AMOLED-Layar LCD vs OLED vs AMOLED: Apa Bedanya?

AMOLED, atau Active Matrix OLED, ini sebenarnya display OLED, hanya saja ada beberapa fasilitas tambahan. Fasilitas tambahan ini mencakup konsumsi daya yang rendah dan fleksibilitas layar lebih banyak.

Layar LCD vs OLED vs AMOLED: kelebihan dan kekurangan 

Sekarang mari kita membahas kelebihan dan kekurangan untuk setiap jenis tampilan display atau layar ini.

LCD
Kelebihan: Lebih murah, Lebih serbaguna - implementasi memungkinkan IPS dan 144hz memonitor keberadaannya di ruang PC, memberi lebih banyak pilihan kepada pengguna PC, Konsumsi daya terendah

kekurangan: Tidak ada per pixel backlighting = reproduksi warna yang lebih buruk dan hitam pada gambar

OLED
Kelebihan: Reproduksi warna bagus berkat per pixel backlighting, Tidak semahal AMOLED

kekurangan: Konsumsi daya lebih tinggi dari AMOLED atau LCD, Lebih mahal dari LCD

AMOLED
Kelebihan: Semua reproduksi warna yang bagus dari OLED, Konsumsi daya lebih baik dari pada OLED, Fleksibel menampilkan lebih lumrah

kekurangan: Lebih mahal dari LCD atau OLED

LCD vs OLED vs AMOLED: Skenario Penggunaan Terbaik untuk Masing-masing

Sekarang, mari kita bahas di mana jenis tampilan layar ini paling baik digunakan.

LCD
LCD paling baik digunakan di TV low-end, layar umum dan monitor PC dikarenakan memiliki kemampuan untuk menerapkan panel TN dan IPS. Panel TN memungkinkan penyegaran lebih tinggi dan waktu respons yang lebih rendah, sementara panel IPS memungkinkan reproduksi warna lebih kaya dan sudut pandang yang lebih tinggi. Ragam standar LCD membuatnya ideal untuk gaming PC.

OLED
OLED paling baik digunakan di teknologi layar TV atau sering disebut HDTV, di mana fleksibilitas layar tidak terlalu penting dan kualitas gambarnya adalah raja. Sementara AMOLED akan lebih baik jika tersedia (karena hanya OLED yang disempurnakan), kemungkinan akan jauh lebih mahal dalam setting yang sama.

AMOLED
AMOLED paling baik digunakan di smartphone, tablet, jam tangan, laptop - yang pada dasarnya bersifat portable dimana Anda menginginkan kualitas tampilan dan efisiensi daya yang besar dan beberapa fleksibilitas layar. AMOLED adalah standar de facto untuk display portabel yang bagus dan kemungkinan akan tetap demikian untuk masa yang akan datang.

Nah..sekarang sudah tahukan apa bedanya LCD, OLED, dan AMOLED. Semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah wawasan dan ilmu anda, akhir kata terima kasih atas kunjungannya.

No comments

Mohon untuk tidak berkomentar yang mengandung unsur SARA, P*rno, SPAM