Screen Recording (Merekam Layar) di PC Menggunakan VLC


VLC adalah salah satu media player yang populer yang digunakan untuk memutar berbagai format multimedia serta CD audio, DVD, dan video streaming lainnya. Sebelumnya VLC ini dikenal sebagai VideoLAN Client, utilitas ini memiliki User Interaktif yang sederhana dan intuitif tanpa kontrol yang berlebihan dan dikemas dengan banyak fitur canggih termasuk kemampuan untuk merekam layar atau screen recording komputer Anda. Dalam postingan ini, saya akan memberitahu Anda tentang bagaimana menggunakan VLC sebagai alat screen recording atau perekam layar di desktop Anda. So dibaca terus sampai akhir ya....!!

VLC media player ini mampu memainkan file media favorit Anda dalam format apa pun, VLC player memiliki opsi perekam built-in yang mampu merekam video dengan cepat. Jadi, jika Anda ingin merekam video game atau media lainnya, cukup melalui langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui bagaimana menggunakan VLC sebagai alat perekam layar.

Screen Recording (Merekam Layar) di PC Menggunakan VLC


Pertama, buka VLC media player di desktop Anda, sekarang, klik pada tab View dan pilih opsi Advanced Controls dari menu drop down. Anda dapat melihat beberapa kontrol tambahan yang ditampilkan pada VLC Player

menggunakan-VLC-as-a-Screen-Recording-Tool-Advanced-Controls

Buka tab Media dan kemudian klik pada Open Capture Device Ini akan membuka kotak dialog media

membuka open capture device

Dari kotak Media Dialog, atur Desktop sebagai mode capture yang Anda inginkan dan kemudian Anda bisa memilih frame rate ideal untuk desktop Anda

menggunakan-VLC-as-a-Screen-Recording-Tool-Capture-mode

Frame rate default adalah 1 fps, hasil dari fram rate default ini masih kasar. Anda dapat mengatur nilai yang lebih tinggi jika Anda mau, Frame rate antara 10-12 fps  cukup baik untuk screencasts.

menggunakan-VLC-as-a-Screen-Recording-Tool-Frame-rate-1

Selanjutnya, klik tombol Play dan VLC akan mulai menampilkan desktop Anda

menggunakan-VLC-Screen-Recording-Tool-Play-button-1

Klik pada tombol Record untuk mulai merekam

menggunakan-VLC-Screen-Recording-Tool-Record-button-1

Sebaiknya Anda me-minimaze jendela VLC agar tidak muncul dalam screencast Anda. Setelah selesai, Anda dapat mengembalikan jendela VLC dan kemudian klik tombol Record lagi untuk berhenti merekam

VLC secara otomatis akan menyimpan file AVI di folder Video Anda, yang kemudian dapat Anda bagikan dengan orang lain. Tapi sayangnya terdapat beberapa kekurangan dari fitur perekaman layar VLC ini, berikut beberapa kekurangan yang harus Anda ketahui.

Anda tidak dapat menggunakan suara Anda di screencast Anda. Untuk menambahkan audio ke screencast Anda, Anda harus merekam suara Anda secara terpisah dan mengalirkan file audio beserta rekaman desktop. Jika Anda klik pada tombol perekaman, maka akan menyimpan audio beserta screencast.

Kekurangan kedua adalah bahwa Anda hanya bisa merekam desktop Anda dalam format RAW. Tidak ada pilihan output lain dari hasil screen recording anda. Hal ini menyebabkan video berukuran sangat besar bahkan untuk screencasts yang relatif pendek. Tapi ini bisa diatasi dengan Clipchamp: Mengecilkan ukuran video tanpa mengurangi kualitas. Oke selamat mencoba.

No comments

Mohon untuk tidak berkomentar yang mengandung unsur SARA, P*rno, SPAM