Keamanan Wi-Fi: Mana Yang Harus Digunakan WPA2-AES, WPA2-TKIP, atau Keduanya?

Keamanan Wi-Fi Mana Yang Harus Digunakan WPA2-AES, WPA2-TKIP, atau Keduanya

Banyak router menyediakan pilihan WPA2-PSK (TKIP), WPA2-PSK (AES), dan WPA2-PSK (TKIP / AES). Jika kita salah memilih maka efeknya speed jaringan yang lebih lambat dan kurang aman.

Wired Equivalent Privacy (WEP), Wi-Fi Protected Access (WPA), dan Wi-Fi Protected Access II (WPA2) adalah algoritma keamanan utama yang akan Anda lihat saat membuat jaringan nirkabel. WEP adalah yang siste keamanan yang paling tua dan terbukti rentan karena semakin banyak kekurangan keamanan yang ditemukan. WPA adalah generasi selanjutnya, namun kini juga dianggap rentan terhadap gangguan. WPA2, meski tidak sempurna, saat ini merupakan pilihan yang paling aman. Temporal Key Integrity Protocol (TKIP) dan Advanced Encryption Standard (AES) adalah dua jenis enkripsi yang berbeda yang akan Anda lihat digunakan pada jaringan yang diamankan dengan WPA2. Mari kita lihat bagaimana perbedaannya dan mana yang terbaik untuk Anda.

AES vs TKIP
TKIP dan AES adalah dua jenis enkripsi yang bisa digunakan oleh jaringan Wi-Fi. TKIP sebenarnya adalah sebuah protokol enkripsi yang lebih tua yang diperkenalkan dengan WPA untuk mengganti enkripsi WEP yang sangat tidak aman pada saat itu. TKIP sebenarnya sangat mirip dengan enkripsi WEP. TKIP tidak lagi dianggap aman, dan sekarang sudah tidak berlaku lagi. Dengan kata lain, Anda seharusnya tidak menggunakannya.

AES adalah protokol enkripsi yang lebih aman yang diperkenalkan dengan WPA2. AES bukanlah standar berderit yang dikembangkan khusus untuk jaringan Wi-Fi. Ini adalah standar enkripsi di seluruh dunia yang bahkan diadopsi oleh pemerintah AS. Misalnya, ketika Anda mengenkripsi hard drive dengan TrueCrypt, anda bisa menggunakan enkripsi AES. AES secara umum dianggap cukup aman, dan kelemahan utamanya adalah serangan brute force (dicegah dengan menggunakan passphrase yang kuat) dan pada beberapa aspek WPA2 lainnya.

TKIP adalah standar enkripsi yang lebih tua yang digunakan oleh standar WPA. AES adalah solusi enkripsi Wi-Fi yang baru yang digunakan oleh standar WPA2 yang baru dan aman. Secara teori, ini sudah cukup aman. Tapi, tergantung router Anda.

Artikel pilihan untuk anda:

Sementara WPA2 seharusnya menggunakan AES untuk keamanan optimal, juga dapat menggunakan TKIP dimana kompatibilitasnya dengan perangkat legacy diperlukan. Dalam keadaan seperti itu, perangkat yang mendukung WPA2 akan terhubung dengan WPA2 dan perangkat yang mendukung WPA akan terhubung dengan WPA. Jadi "WPA2" tidak selalu berarti WPA2-AES. Namun, pada perangkat tanpa opsi "TKIP" atau "AES" justru yang terlihat, WPA2 umumnya identik dengan WPA2-AES.

Dan jika Anda bertanya apa itu "PSK"? PSK adalah singkatan dari “pre-shared key”- pre-shared key umumnya merupakan frasa sandi enkripsi Anda. Ini membedakannya dari WPA-Enterprise, yang menggunakan server RADIUS untuk membagikan kunci unik pada jaringan Wi-Fi perusahaan atau pemerintah.

Jenis Keamanan Wi-Fi
Berikut adalah pilihan yang mungkin Anda lihat di router Anda:

Open (berisiko): Jaringan Wi-Fi terbuka tidak memiliki frasa sandi. Anda seharusnya tidak memasang jaringan Wi-Fi terbuka alias tanpa password, karena jika ada perangkat yang mendeteksi router anda maka secara otomatis terhubung dengan router wifi anda.
WEP 64 (berisiko): Standar protokol WEP yang lama rentan dan Anda benar-benar tidak boleh menggunakannya.
WEP 128 (berisiko): Ini WEP, tapi dengan ukuran kunci enkripsi yang lebih besar.
WPA-PSK (TKIP): Ini menggunakan versi asli protokol WPA (dasarnya WPA1). Ini telah digantikan oleh WPA2 dan tidak aman.
WPA-PSK (AES): Ini menggunakan protokol WPA yang asli, namun menggantikan TKIP dengan enkripsi AES yang lebih modern. Ini ditawarkan sebagai stopgap, semua perangkat yang didukung AES hampir selalu didukung WPA2, sementara perangkat yang membutuhkan WPA hampir tidak akan pernah didukung enkripsi AES. Jadi, jangan pilih yang ini.
WPA2-PSK (TKIP): Menggunakan standar WPA2 modern dengan enkripsi TKIP yang lebih tua. Ini tidak aman, jika Anda memiliki perangkat tidak dapat terhubung ke jaringan WPA2-PSK (AES), ada baiknya anda pilih yang ini.
WPA2-PSK (AES): Ini adalah pilihan yang paling aman. Menggunakan WPA2, standar enkripsi Wi-Fi terbaru, dan protokol enkripsi AES terbaru. Anda harus menggunakan opsi ini. Pada beberapa perangkat, Anda hanya akan melihat opsi "WPA2" atau "WPA2-PSK." Jika Anda memilih opsi ini, mungkin hanya menggunakan AES.
WPAWPA2-PSK (TKIP / AES): Beberapa perangkat menawarkan dan bahkan merekomendasikan opsi mode campuran ini. Pilihan ini memungkinkan WPA dan WPA2, baik dengan TKIP dan AES. Ini menyediakan kompatibilitas maksimum dengan perangkat kuno yang mungkin Anda miliki.

Anda sebaiknya memilih opsi WPA2-PSK (AES), karena jelas lebih aman dan lebih fleksibel.

No comments

Mohon untuk tidak berkomentar yang mengandung unsur SARA, P*rno, SPAM