Cara Menambahkan Video di Google Slide

cara menambahkan video di google slide

Agar presentasi slideshow anda kelihatan lebih profesional, Anda mungkin ingin menambahkan video ke dalamnya. Video yang ditempatkan dengan baik memberikan "terobosan" yang bagus dalam presentasi dan tentunya akan lebih menarik perhatian dari audiens Anda.

Tentu tidak lucu jika Anda tiba-tiba menghentikan sementara tayangan slide hanya gara-gara untuk menyiapkan video presentasi pada saat acara sudah dimulai!. Jika Anda menggunakan Google Slides, Anda dapat dengan mudah menambahkan video untuk diputar di dalam slide itu sendiri, sehingga Anda tidak perlu menghentikan acara tersebut. Anda bahkan dapat mengaturnya untuk diputar secara otomatis pada slide yang ada di dalamnya, serta mengutak-atik kapan video harus dimulai dan kapan harus berhenti.

Menyisipkan video dari youtube

Jika Anda ingin menambahkan video YouTube ke presentasi Anda, caranya cukup mudah! Yang perlu Anda lakukan adalah memasukkannya ke dalam slide dan men-tweak sesuai dengan keinginan Anda.

Untuk menyisipkan video, navigasikan ke slide di mana Anda ingin meletakkan video YouTube. Kemudian, klik "Insert" diikuti dengan "Video ..."

cara menambahkan video di google slide-A

Di tab "Search", Anda dapat menelusuri YouTube untuk mencari video. Akan lebih sempurna jika jenis video yang Anda inginkan disesuaikan dengan presentasi Anda.

cara menambahkan video di google slide-b

Dengan mengeklik pemutar video di samping setiap video, Anda dapat menonton video tersebut. Selanjutnya anda bisa memilih salah satu yang paling sesuai dengan presentasi Anda.

Bila Anda merasa cocok, klik dua kali video atau klik "Select" di bagian bawah untuk memasukkannya ke slide Anda. Jika Anda tahu video YouTube yang ingin Anda tampilkan, klik tab "By URL" di bagian atas dan tempel URL video ke dalam kotak. Klik "select" untuk kemudian dimasukkan ke slide Anda.

Menyisipkan video dari koleksi pribadi

Jika Anda memiliki video sendiri yang ingin Anda bagikan, ada dua cara untuk menambahkannya. Yang pertama adalah mengunggahnya ke YouTube dan melakukan langkah-langkah di atas. Jika Anda tidak suka dengan cara pertama, cara kedua adalah mengunggahnya dan membiarkan Google Slides mengetahui di mana video tersebut berada.

Untungnya, Google Slide dan Google Drive saling terhubung satu sama lain, Anda dapat menggunakan video dalam Google Drive untuk disisipkan ke presentasi. Pertama, buka Google Drive dan unggah video yang ingin Anda gunakan. Anda bisa melakukan ini dengan mengklik tombol "New" diikuti dengan "Upload file", atau menyeret file video ke jendela browser.

cara menambahkan video di google slide-c

Setelah selesai mengupload, kembali ke Slides dan klik "Insert" diikuti dengan "Video ..."

cara menambahkan video di google slide-d

Klik pada tab "Google Drive" di bagian atas.

cara menambahkan video di google slide-e

Di sini Anda dapat melihat semua video yang telah Anda unggah ke Drive Anda. Temukan video yang ingin Anda sisipkan dan klik dua kali untuk memasukkannya ke dalam slide. Anda mungkin perlu menunggu sebentar untuk Slides agar video Anda siap dari Drive.

Jika seseorang telah berbagi video dengan Anda di Drive, itu tidak akan muncul di sini. Sebagai gantinya, klik tab "Shared with me" untuk menemukan dan menyisipkan video.

Video adalah media tambahan yang bagus untuk setiap slideshow agar kelihatan lebih profesional. Sekarang Anda sudah tahu cara menambahkannya ke Google Slide, apakah diupload dari YouTube atau dari komputer Anda. Anda juga tahu bagaimana menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda untuk memastikan presentasi diputar sesuai keinginan Anda.

Seberapa penting video untuk Anda saat membuat slideshow? Apakah Anda punya tip untuk membuat presentasi yang lebih bagus? silahkan beri komentar anda.

No comments

Mohon untuk tidak berkomentar yang mengandung unsur SARA, P*rno, SPAM