Cara Mengatasi Steam Tidak Bisa Dibuka

Steam adalah jendela PC gamers yang paling besar ke dunia game. Microsoft mungkin memiliki Windows, namun Valve memiliki game di Windows dengan platform yang sangat hebat dan super nyaman. Akan tetapi perangkat lunak terbaik pun seperti steam ini bisa mengalami hal-hal buruk seperti tidak bisa dibuka karena disebabkan beberapa alasan.

Di sini kita akan membahas penyebab paling umum mengapa Steam tidak bisa dibuka di PC Anda dan solusi untuk memperbaikinya.

#1 Periksa apakah Server Steam down

steam-steamstat-us

Jika Steam tidak bisa dibuka di PC anda, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecek apakah server Steam down - yang bisa terjadi bila ada perawatan atau semacam masalah yang menyebabkan outage. Situs terbaik untuk melakukan ini, dimanapun Anda berada di dunia, adalah Steamstat.us yang memberikan info terperinci tentang beban server, server mana yang aktif, dan sebagainya. Buka situs ini dan lihat apakah server regional Anda memiliki masalah. Jika ya, Anda mungkin harus menunggunya.

#2 Steam tidak loading walaupun sudah berkali-kali di klik

Steam dibagi menjadi beberapa proses terpisah pada PC Anda yang membantu berjalan dengan baik dan lancar. Terkadang saat Anda mencoba membuka Steam, hal itu dapat menyebabkan kesalahan kecil di mana proses dimulai pada PC Anda, namun Steam tidak benar-benar muncul di desktop atau area notifikasi Anda. Anda mencoba membukanya lagi, tapi secara harfiah tidak ada yang terjadi.

Ini bisa jadi karena proses Steam sudah dimulai namun bagian yang menangani UI Steam belum. Jika ini terjadi pada Anda, tekan Ctrl + Shift + Esc untuk membuka task manager. Di Task Manager klik "More details" di bagian kiri bawah, lalu gulir ke bawah dalam daftar Processes sampai Anda mencapai "Steam - Steam Bootstrapper, Client Service, WebHelper" dan seterusnya. Klik kanan semua proses Steam yang Anda lihat di sini dan klik "End Task".

steam-task-manager

Setelah proses Steam dihentikan dengan paksa, sekarang coba buka Steam lagi dan seharusnya steam bisa dibuka lagi secara normal.

#3 Failed to Load SteamUI.dll

Salah satu masalah yang ditakuti dan paling umum pada Steam adalah kesalahan Steamui.dll dimana Steam gagal menemukan file DLL yang perlu dibuka. Ada beberapa kemungkinan solusi untuk mengatasinya.

Salah satunya adalah dengan memaksa Steam untuk dijalankan di versi beta. Untuk melakukan ini, masuk ke folder instalasi Steam Anda ("C: \ Program Files \ Steam" secara default), kemudian temukan "Steam.exe." Klik kanan, lalu klik Create Shortcut.

Klik kanan shortcut, klik Properties, dan kemudian di kotak Target tambahkan -clientbeta client_candidate ke akhir direktori target. Jadi dalam kasus ini pada kolom "target" isi dengan ini:
"C:\Steam\Steam.exe" -clientbeta client_candidate

steam-create-shortcut

Mulai sekarang gunakan shortcut ini tiap kali anda ingin menjalankan Steam.

#4 Quick Reinstall Trick

Jika semua langkah-langkah diatas gagal dan Steam Anda masih belum dibuka, ada cara cepat untuk memasangnya kembali sambil tetap menjaga semua preferensi dan permainan Anda tetap utuh. Di folder instalasi Steam Anda hapus semuanya selain Steam.exe, steamapps, dan userdata. Selanjutnya, klik dua kali "Steam.exe" dan biarkan peinstalan ulang mulai berjalan. (Jika Anda ingin folder Steam baru Anda dipasang di tempat lain di PC Anda, Anda dapat memindahkan Steam.exe, steamapps dan userdata ke lokasi lain sebelum Anda melakukan penginstalan ulang).

Tunggu sampai instal ulang steam berhasil, dan steam Anda sudah siap digunakan lagi dengan semua permainan berharga dan pengaturan Steam masih ada seperti sebelum di instal ulang.

No comments

Mohon untuk tidak berkomentar yang mengandung unsur SARA, P*rno, SPAM