Apa Torrenting Itu? Apa Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Menggunakan Torrent?


apa itu torrenting

Torrenting adalah protokol berbagi file yang populer berdasarkan teknologi peer-to-peer (P2P). Ini memungkinkan sejumlah besar pengguna untuk terhubung dan berbagi konten tanpa harus bergantung pada satu sumber untuk mengunduh. Torrents sangat populer, diperkirakan 3,35% dari semua lalu lintas internet ditangani oleh BitTorrent, sehingga jumlah total pengguna bulanan menjadi lebih dari 250 juta!

Interface torrent sangat sederhana dan mudah digunakan. Anda tidak perlu mengetahui seluk-beluk tentang fungsi file sharing, tetapi yang perlu anda ketahui adalah apa yang membuat torrent bekerja sehingga Anda bisa mendapatkan hasil maksimal dari unduhan Anda.

Dasar-Dasar Torrenting



Sebelum Anda terjun ke dunia torrent, ada beberapa istilah yang harus Anda ketahui:

Indexers - Situs web yang mengumpulkan file torrent dan bertindak sebagai mesin pencari untuk konten. Jika Anda pernah menggunakan The Pirate Bay, Extratorrent, atau RarBG, Anda telah menggunakan pengindeks.

Trackers - Server yang berfungsi sebagai jembatan antara pengguna torrent. Setiap kali Anda mengunggah atau mengunduh file, Tracker torrent mengatur semua hal.

Torrent client - Perangkat lunak yang digunakan untuk menyambung ke pelacak torrent untuk mengunduh dan merakit file di komputer Anda. Deluge, uTorrent, dan Transmission adalah beberapa klien populer.

Seeders - Orang yang aktif mengunggah file ke jaringan torrent. Sangat penting untuk terus mengunduh unduhan di klien torrent Anda sehingga Anda dapat menyumbang ke pengguna lain. Tanpa seeders, konten torrent tidak dapat diunduh.

Leechers - Mengunduh file tanpa mengunggah (seeding). Leeching umumnya dianggap sebagai praktik yang buruk saat melakukan torrent.

Ratio - Hubungan antara skor mengunggah (seeding) dan mengunduh (leeching). Rasio Anda untuk setiap file harus lebih besar dari 1.0, artinya Anda mengunggah setidaknya sebanyak yang Anda unduh.

Magnet link - Tautan magnet untuk mengidentifikasi file dan sumber dan memungkinkan klien torrent Anda untuk mulai mengunduh dengan segera.

  Baca juga


Sejarah Torrenting


Berbicara File sharing, kita akan kembali ke tahun 1970-an ketika pengembang komputer membutuhkan cara untuk mentransfer konten dari perangkat ke perangkat. Protokol berbagi pertama mengatur hubungan host-klien sederhana yang memungkinkan pengguna mengunduh salinan file dari server pusat. Teknologi ini dengan cepat mendapatkan popularitas karena teknologi seperti usenet dan IRC menyebar ke populasi umum, tetapi dibatasi oleh kecepatan server dan bandwidth yang tersedia.

Seiring bertambahnya ukuran konten, metode baru dikembangkan untuk memudahkan beban pada server sambil meningkatkan kecepatan unduhan di seluruh board. Perangkat lunak ini menggunakan jaringan P2P untuk menghubungkan pengguna yang terhubung. Peer-to-peer file sharing (P2P) memperoleh popularitas besar pada tahun 1999 seiring dengan jatuhnya Napster.

Protokol BitTorrent ini menyajikan evolusi logis dari model P2P dengan memformalkan dan menyederhanakan banyak teknologi yang membuat kerja peer sharing work. Berkas torrent adalah file kecil yang mengarah ke pelacak, yang merupakan situs eksternal yang mengelola basis data tautan. Tautan ini mengarah ke pengguna lain yang komputernya menghosting file yang diminta. Dengan mengunduh torrent, Anda terhubung langsung ke lusinan atau bahkan ribuan pengguna lain.

Cara Menggunakan Torrents


Apa Itu Torrenting? Apa Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Menggunakan Torrent?1

Teknologi ini mungkin terdengar rumit, tetapi dalam praktiknya torrents sangat mudah digunakan. Tapi ini tidak semudah mengklik kemudian mengunduh file, dan itu bisa menjadi tantangan untuk menemukan konten berkualitas baik, terutama jika Anda mencari film atau acara TV. Namun dengan sedikit kesabaran dan sumber daya yang tepat, torrent akan membuka dunia baru unduhan untuk Anda jelajahi dan nikmati.

Klien torrent seperti Deluge diperuntukkan OS Windows, Mac, dan Linux. Ada beberapa klien torrent untuk iOS dan Android, tetapi sebaiknya tetap menggunakan PC kapanpun dan dimanapun.

1. Cari torrent untuk diunduh. Gunakan pengindeks atau pelacak untuk menemukan konten favorit Anda.

2. Unduh file torrent atau klik tautan magnet yang disediakan.

3. Jika klien torrent Anda tidak memulai secara otomatis, buka dan tambahkan torrent secara manual.

4. Tunggu torrent untuk mulai mengunduh.

Ketika unduhan mencapai 100% Anda dapat membuka file dan menikmati konten Anda.

Apakah Torrenting ilegal? Apakah Aman?


Setiap teknologi baru datang dengan beberapa rintangan untuk diatasi, tidak terkecuali BitTorrent. Segera setelah torrent menjadi populer, orang mulai menggunakannya untuk berbagi konten bajakan, terutama film dan acara TV berkualitas tinggi. Ini memperburuk persepsi publik tentang torrent sebagai alat untuk melanggar hukum, yang sedikit tidak adil. BitTorrent memiliki banyak kegunaan hukum, mulai dari mendistribusikan file Anda sendiri tanpa server untuk berbagi konten dengan mudah dengan sekolah atau kelompok kerja Anda. Mengoleksi sendiri adalah hal yang legal, tetapi seperti alat apa pun, Anda dapat menyalahgunakannya dengan cara ilegal.

Perbedaan yang membuat torrent tetap survive sampai saat ini adalah kenyataan bahwa situs torrent tidak menghosting konten apa pun. Anda mengunduh dari pengguna lain, bukan dari pelacak atau pengindeks, yang menempatkan sebagian besar komunitas di area abu-abu yang legal. Seperti halnya mengunduh file apa pun dari internet, selalu ada peluang virus atau malware yang bisa menyusup ke komputer anda. Bergantung pada pengindeks torrent yang Anda gunakan ini mungkin lebih umum daripada yang Anda pikirkan. File juga dapat disalahartikan secara sengaja atau tidak sengaja, yang berarti Anda harus selalu berhati-hati ketika mengambil torrent dari internet.

Torrent Tergantung Pengguna, Bukan Server


Apa Itu Torrenting? Apa Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Menggunakan Torrent?2

Ketika Anda mendapatkan file dari situs web atau layanan hosting, kemungkinan Anda mengunduh konten dari satu komputer. Hubungan host-klien ini cukup mudah, tetapi kelemahannya meliputi hal-hal seperti bandwidth terbatas, kecepatan lambat, dan bahkan penyensoran. Lagi pula, jika file hanya ada di satu tempat, semua host harus menghapusnya dan tidak ada yang bisa menggunakannya!

Torrenting dengan rapi mengesampingkan masalah ketersediaan dan speed lemot saad donwload. Anda tidak mengunduh file dari satu sumber, Anda mengunduhnya dari lusinan sumber. Setiap pengguna yang mengunduh kemudian berubah menjadi pengunggah (seeder), yang pada gilirannya menyediakan lebih banyak sumber bagi pengguna lain untuk mengunduhnya. Semakin banyak orang yang menggunakan BitTorrent, semakin kuat jadinya. Itu hanya salah satu dari banyak alasan mengapa torrent menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir.

Saat melakukan torrent, selalu ingat bahwa Anda adalah bagian dari komunitas. Menumbuk sebanyak yang Anda bisa, menjaga rasio yang baik, dan membantu rekan torrent Anda berpartisipasi dalam berbagi file!.

No comments

Mohon untuk tidak berkomentar yang mengandung unsur SARA, P*rno, SPAM