Layar Putar Otomatis (Auto Rotate) Ponsel Android Tidak Jalan

Layar Putar Otomatis (Auto Rotate) Ponsel Android Tidak Jalan

Ada beberapa penyebab mengapa layar putar otomatis (auto rotate) di ponsel android tidak jalan, mungkin pada pengaturan telepon masih di belum diaktfikan mode auto rotate-nya alias masih terkunci pada mode portrait, mungkin juga karena terkena virus atau mungkin terpengaruh oleh aplikasi nakal. 

Pada artikel ini kita akan membahas cara solusi untuk memperbaiki auto rotate yang tidak berfungsi untuk ponsel yang berbasis android. Mungkin anda pernah memiringkan ponsel anda, tapi tampilannya kok tetap dalam mode portrait dan tidak berubah secara otomatis menjadi landscape. Kejadian ini pernah di alami teman saya, dia mengeluh ponselnya tidak bisa berputar otomatis dan teman saya ini tidak dapat mengatasi masalah tersebut. 

Berikut adalah solusi untuk auto rotate yang tidak jalan pada ponsel android:


1.Restart ponsel android anda setelah di restart cek apakah ponsel android anda kembali normal atau rotasi otomatis berfungsi dengan baik(menurut pengalaman saya cara yang pertama ini mungkin tidak akan berhasil karena mungkin kerusakannya bukan dari segi yang ini ,,,Tapi coba aja mana tau bisa dan cara ini tidak akan memberikan efek samping) 

2. Jika ini adalah pertama kalinya Anda mengalami masalah ini, coba periksa apakah opsi auto-rotate telah dinonaktifkan secara tidak sengaja. Beralih opsi dan mematikan auto-rotate bisa jadi ini penyebabnya. Jika auto-rotate dimatikan maka Anda tidak akan menemukan ikon auto-rotate pada daftar ikon di panel notifikasi. Sebagai gantinya, Anda akan melihat potrait yang tertulis di bawah ikon. Ikon kunci potrait ditunjukkan di bagian bawah layar ponsel.

Tarik panel notifikasi pada andorid Anda
Cari ikon potrait atau ikon putar otomatis (auto rotate ) dan ketuk di atasnya
Jika  auto rotate ini diaktifkan, seharusnya anda sudah bisa menggunakan auto-rotate sekarang.

Layar Putar Otomatis (Auto Rotate) Ponsel Android Tidak Jalan-2

3. Cara ketiga dengan melihat pengaturan kalibrasi ,,setelah itu pilih tampilan dan kalibrasi horizontal (di hp yang lain nggak tau namanya ,,yang jelas KALIBRASI) Sesuai pengurutan Beginilah kira kira skemanya PENGATURAN ===> TAMPILAN ===> KALIBRASI HORIZONTAL Belum selesai ,,, setelah itu anda letakkan ponsel android anda di atas permukaan yang datar dan pencet tombolnya (pencet tombol kalibrasi). Ingat kalibrasi horizontal ini harus dilakukan pada saat baterai diatas 50%.Setelah itu tunggu beberapa saat dan lihat hasilnya ,,layar putar otomatis kembali normal. Tambahan: anda harus mengaktifkan rotasi putar otomatis setelah anda melakukan kalibrasi ,terkadang orang banyak yang lupa ( lihat langkah 2).

Layar Putar Otomatis (Auto Rotate) Ponsel Android Tidak Jalan-3

4. Karena beberapa masalah muncul dari bug dalam perangkat lunak, sebaiknya terus update ponsel Anda setiap saat untuk memastikan bahwa semua bug sebelumnya dan masalah perangkat lunak lainnya ditangani secara efektif oleh android. Periksa secara manual apakah telepon Anda diperbarui atau tidak untuk memastikan bahwa masalah auto-rotate tidak disebabkan karena kesalahan perangkat lunak yang telah diperbaiki secara otomatis oleh android.

Buka menu Setelan/settings pada telepon, Ketuk About Device, Ketuk pada Check Updates Manually.

Layar Putar Otomatis (Auto Rotate) Ponsel Android Tidak Jalan-4

5. Beberapa aplikasi pihak ketiga memiliki izin untuk memutar secara otomatis ponsel Anda dari mode potrait ke mode landscape. Identifikasi aplikasi yang baru saja Anda pasang sejak masalah ini muncul. Aplikasi tersebut yang mungkin menjadi alasan masalah auto-rotate. Copot pemasangan aplikasi dan periksa apakah masalahnya hilang. Jika Anda tidak menghadapi masalah ini lagi maka aplikasi tersebut penyebabnya.

  Baca juga


Tetapi jika Anda tidak yakin apakah aplikasi pihak ketiga tersebut menyebabkan masalah atau tidak, maka Anda bisa gunakan Safe Mode untuk mengecek apakah ponsel bekerja tanpa masalah di Safe Mode atau tidak. Safe Mode adalah tempat pengguna dapat menggunakan fitur dan fungsi inbuilt telepon, namun semua aplikasi pihak ketiga akan dinonaktifkan. Ini membantu dalam mengidentifikasi apakah masalahnya terletak pada aplikasi pihak ketiga atau perangkat lunak atau perangkat keras ponsel.

Untuk masuk ke Safe mode android, ikuti langkah berikut ini:

Matikan telepon
Tunggu selama lima detik lalu tekan dan tahan tombol Daya untuk menyalakannya.
Terus tekan tombol Power sampai Anda melihat merek ponsel tertulis di layar.
Kemudian lepaskan tombol daya dan langsung tekan tombol volume ke bawah
Jangan lepaskan tombol volume ke bawah sampai telepon dihidupkan ulang
Anda akan melihat kata-kata Safe Mode yang tertulis di bagian bawah layar

Ini berarti Anda telah berhasil memboot telepon Anda di Safe Mode. Periksa apakah telepon Anda bekerja tanpa masalah dalam mode ini. Jika masalah berhasil diatasi maka aplikasi pihak ketiga menjadi penyebabnya. Restart perangkat Anda untuk kembali ke mode normal dan copot pemasangan aplikasi satu per satu sampai masalah teratasi.

No comments

Mohon untuk tidak berkomentar yang mengandung unsur SARA, P*rno, SPAM