Cara cek kondisi baterai remote TV menggunakan kamera smartphone

cara cek kondisi baterai remote tv menggunakan kamera smartphone

Anda pasti pernah mengalami sedang enak enaknya  gonta ganti channel dengan malas sambil berbaring di sofa. Lalu tiba-tiba, remote mulai nakal. Kadang kadang respons yang lambat, dan kadang-kadang remote bahkan tidak berfungsi sama sekali. Mengangkat remote lebih tinggi, di dekatkan ke TV bahkan sambil menekan tombol remote dengan keras.

Pada posisi seperti ini, kalian pasti bertanya-tanya apakah ada yang salah dengan remotenya, TVnya, atau baterainya. Namun ada trik yang bagus namun banyak yang belum tahu yang dapat Anda gunakan untuk mengecek kondisi baterai remote TV menggunakan kamera smartphone.

Cara cek kondisi baterai remote TV menggunakan kamera smartphone

Untuk mencari tahu apa ada yang salah dengan remote control TV Anda, ambil ponsel smartphone Anda dan buka aplikasi kamera, alihkan ke kamera depan (kamera selfie). Arahkan remote TV ke arah kamera pada ponsel Anda, lalu tekan dan tahan tombol apa saja. Jika remote Anda berfungsi dengan baik, Anda akan melihat cahaya merah muda di dekat ujung remote Anda ketika melihatnya melalui layar ponsel Anda. Jika cahaya yang dipancarkan sangat redup dan hampir tidak terlihat, mungkin saatnya untuk mengganti baterai remote Anda.

Trik ini tidak hanya berfungsi dengan kamera smartphone saja, trik ini juga bisa menggunakan kamera digital. Selain itu anda juga bisa menggunakan laptop , yaitu dengan memanfaatkan webcam yang ada di laptop.

Catatan : Tidak semua kamera smartphone bisa digunakan untuk trik ini. Beberapa aplikasi kamera memiliki teknologi terintegrasi yang mungkin menghalangi trik ini bekerja. Jadi sebelum Anda menyimpulkan bahwa remote control Anda rusak, akan lebih bijaksana untuk mencoba menggunakan kamera smartphone yang berbeda untuk melihat apakah hasilnya sama.

Bagaimana trik ini bisa bekerja

Remote control standar biasanya mengirimkan sinyal ke home theater atau TV menggunakan sinar infra merah. Pancaran ini dijemput oleh sensor di home theater atau TV Anda . Hal tentang cahaya infra merah adalah sama seperti sinar ultraviolet, itu terletak di luar spektrum warna yang tidak terlihat oleh mata telanjang. Setelah remote memancarkan kilatan impuls infra merah ke sensor TV, sensor menafsirkan dengan memberitahu TV Anda saluran mana yang harus disetel.

Kamera smartphone memiliki lensa yang berfungsi kurang lebih sama seperti sensor TV ketika seberkas sinar infra merah diproyeksikan ke arahnya. Tidak seperti mata manusia yang tidak dapat melihat sinar ini, kamera smartphone Anda dapat mendeteksi sinar inframerah ini dengan mudah, dan itulah mengapa cahaya yang berkedip-kedip muncul di kamera ponsel.[semutsujud\]

No comments

Mohon untuk tidak berkomentar yang mengandung unsur SARA, P*rno, SPAM