Cara mengubah beberapa ukuran gambar sekaligus di windows 10


Cara mengubah beberapa ukuran gambar sekaligus di windows 10

Jika Anda ingin mengubah ukuran satu gambar di Windows, Anda dapat membukanya dengan aplikasi seperti Paint atau Foto dan membuat perubahan secara manual. Tetapi jika Anda perlu mengubah beberapa ukuran gambar sekaligus, metode manual mengubahnya satu per satu sangat memakan waktu dan tidak efisien.

Meskipun tidak ada cara sederhana untuk mengubah ukuran banyak gambar menggunakan tool bawaan Windows 10, ada sejumlah utilitas pihak ketiga gratis yang berguna buat Anda. Salah satu favorit saya adalah Image Resizer for Windows , aplikasi bagus yang terintegrasi langsung ke menu klik kanan di windows dan menawarkan sejumlah opsi menarik untuk mengubah ukuran gambar. Berikut ini cara menggunakannya sehingga Anda juga tidak perlu mengubah ukuran banyak gambar satu per satu lagi.

Baca juga: Tips Memperbesar Gambar / Foto Hingga 200% Tanpa Mengurangi Kualitas

Mengubah beberapa ukuran gambar sekaligus di windows 10

Untuk memulai, kunjungi situs web Image Resizer for Windows untuk mengunduh dan menginstal aplikasi (link download ada di akhir postingan ini). Setelah terinstal, Anda akan melihat pilihannya di menu konteks ketika Anda mengklik kanan pada file gambar.

Mengubah beberapa ukuran gambar sekaligus di windows 10-gambar 1

Mari kita lihat cara kerjanya dengan sebuah contoh. Pada gambar di atas, saya memiliki folder dengan enam gambar JPEG dengan berbagai ukuran. Saya ingin mengubah ukuran semuanya sehingga dimensi terpanjangnya tidak lebih dari 1600 piksel. Dengan Image Resizer for Windows terinstal, saya dapat memilih semua file dengan klik kanan, dan pilih Resize Pictures.

Mengubah beberapa ukuran gambar sekaligus di windows 10-gambar 2

Ini akan memunculkan jendela opsi utilitas. Ada empat pilihan ukuran preset -small, medium, large, dan phone - dan custom option di mana Anda dapat memasukkan dimensi ukuran sesuai yang anda inginkan.

Mengubah beberapa ukuran gambar sekaligus di windows 10-gambar 3

Dalam contoh saya, saya akan memilih opsi khusus dan memasukkan 1600 x 1600 piksel. Jika opsi Fit diaktifkan, ini akan mengubah ukuran gambar agar dimensi ukurannya tidak lebih besar dari 1600 piksel sambil mempertahankan rasio aspek asli gambar. Anda juga dapat memilih Fill yang akan memastikan bahwa dimensi terpendek gambar mencapai ukuran piksel yang Anda inginkan sambil mempertahankan aspek rasio asli dari gambar, atau Meregangkan yang akan membuang rasio aspek asli dan meregangkan gambar menjadi persis rasio piksel yang Anda tetapkan. Jika Anda bekerja dengan foto, umumnya yang terbaik adalah menghindari opsi Peregangan, karena akan mengubah gambar jika rasio piksel yang Anda masukkan tidak sesuai dengan gambar asli.

Selain pengaturan ukuran piksel yang diinginkan, Anda juga dapat memilih untuk membuat gambar lebih kecil. Secara default, utilitas membuat salinan baru dari gambar aslinya untuk mengubah ukuran, serta mempertahankan aslinya. Tapi Anda dapat memilih untuk mengganti yang asli sebagai gantinya jika Anda yakin Anda tidak akan membutuhkannya nanti.

Baca juga: Mengganti Warna Gambar atau Objek Tertentu Secara Online

Dalam contoh saya, saya telah mengubah ukuran piksel menjadi 1600 x 1600, dengan opsi penyesuaian sehingga file saya akan mempertahankan aspek rasio aslinya. Saya juga telah mengaktifkan opsi untuk menghindari mengubah ukuran gambar yang lebih kecil dari ukuran maksimum yang diinginkan. Jika semuanya sudah disetel, cukup klik Resize, setelah beberapa saat, tergantung pada berapa banyak foto yang Anda ubah ukurannya dan kecepatan PC Anda, Anda akan memiliki foto ukuran baru yang diubah ukurannya untuk Anda.

Unduh Image Resizer for Windows gratis dari sini.

No comments

Mohon untuk tidak berkomentar yang mengandung unsur SARA, P*rno, SPAM