Cara menonaktifkan developer tools di Firefox via Group Policy Windows

Tutorial ini menjelaskan cara menonaktifkan developer tools di Firefox via Group Policy Windows. Sekarang dukungan Group Policy di Firefox telah hadir yang memungkinkan Anda mengubah pengaturan yang berbeda. Menonaktifkan developer tools di Firefox adalah salah satu fitur semacam itu. Sebelumnya, pengaturan seperti itu tidak ada di GPO (atau Group Policy), tetapi dengan versi terbaru (Firefox 60 ke atas dan Firefox ESR 60), dukungan Group Policy ditambahkan ke Firefox.

Seperti Google Chrome, Microsoft Edge, dan semua browser modern lainnya, Firefox juga menghadirkan fitur developer tools. Ini memungkinkan Anda memeriksa elemen halaman web, menggunakan alat debugger, merekam kinerja, dan melakukan banyak hal lainnya. Meskipun dev tools sangat berarti bagi programmer, perancang situs web, dll., Pengguna biasa seperti saya ini tidak membutuhkannya. Jadi, jika Anda ingin menonaktifkan developer tools sementara atau permanen (juga dikenal sebagai F12 Dev Tools) di peramban Firefox, fitur Group Policy untuk Firefox akan sangat membantu.

Cara menonaktifkan developer tools di Firefox via Group Policy Windows

Pada screeshot yang terlihat di atas, Anda dapat melihat bahwa opsi developer tool sebelumnya terlihat di Firefox. Tetapi kemudian, saya menonaktifkan fitur ini dengan bantuan Local Group Policy.

Bagaimana Cara Menonaktifkan developer tools di Firefox dengan Group Policy?

Langkah 1:  Perhatikan bahwa dukungan GPO pasti ada untuk Firefox tetapi pengaturannya tidak terlihat sampai Anda secara manual menambahkan pengaturan tersebut. Untuk membuatnya lebih mudah bagi Anda, silahkan anda baca artikel tutorial untuk menambahkan dukungan Group Policy ke Firefox. Ikuti saja tutorial tersebut dengan seksama sehingga Anda dapat menambah atau mengaktifkan fitur ini. Anda harus menyelesaikan langkah ini sehingga Anda dapat mengakses pengaturan Firefox di jendela Group Policy  dan kemudian menonaktifkan dev tool.

Langkah 2: Anda harus menggunakan dialog RUN (tombol Windows + R) atau kotak Pencarian Windows untuk membuka jendela Group Policy. Ketik 'gpedit.msc' dan kemudian tekan tombol Enter.

Cara menonaktifkan developer tools di Firefox via Group Policy Windows-1

Langkah 3: Ketika GPO dibuka, pergi melalui path berikut agar Anda dapat menemukan folder Firefox: .double klik di menu Computer Configuration / cari Administrative Templates folder / Mozilla folder / dan anda bisa mengakses Firefox folder.

Cara menonaktifkan developer tools di Firefox via Group Policy Windows-2

Langkah 4: Di sisi kanan, ada beberapa pengaturan di mana Anda perlu mengklik dua kali pengaturan "Disable Developer Tools". Lihat tangkapan layar yang terlihat di atas.

Langkah 5: Anda akan melihat jendela baru di depan Anda. Pilih opsi "Enabled", gunakan tombol Apply dan terakhir tekan OK untuk menyimpannya.

Itu dia! Anda telah menonaktifkan fitur developer tools Firefox. Ketika Anda akan membuka browser Firefox dan menekan F12 atau mencoba menemukan opsi "Web Developer" di menu Firefox, Anda tidak akan menemukan opsi ini. Itu berarti, developer tools telah berhasil dinonaktifkan.

Untuk mengakses kembali developer tools Firefox, lakukan langkah-langkah di atas. Dan di langkah 5, ganti menjadi "Disabled", atau pilih "not configured" dan simpan.

Cara menonaktifkan developer tools di Firefox via Group Policy Windows-3

Kesimpulannya: Saya jarang menggunakan fitur developer tools di Firefox, jadi bagi saya menonaktifkan developer tools di Firefox tidak masalah. Jika anda berpikiran sama dengan saya, tutorial ini bisa anda gunakan. Untunglah developer tools dapat diaktifkan kapan saja Anda mau. Jadi, tidak ada kekhawatiran.

No comments

Mohon untuk tidak berkomentar yang mengandung unsur SARA, P*rno, SPAM