Cara Reset / Membersihkan Print Spooler di Windows 10

Tutorial ini akan menunjukkan cara untuk mereset dan membersihkan Print spooler untuk menghapus pekerjaan print di Windows 10.

Komponen utama dari antarmuka print adalah print spooler. Print spooler adalah file eksekusi yang mengatur proses pencetakan. Pengelolaan pencetakan melibatkan pengambilan lokasi driver printer yang benar, pemuatan driver itu, fungsi fungsi spooling tingkat tinggi menjadi pekerjaan print, menjadwalkan pekerjaan print untuk diprint, dan seterusnya.

Spooler printer memungkinkan menyimpan beberapa pekerjaan print dalam antrian print yang akan diambil oleh printer atau server print. Pekerjaan print disimpan dalam antrian pada kecepatan komputer, kemudian diambil dan diprint pada kecepatan printer. Beberapa proses dapat mengirim pekerjaan print ke spul tanpa menunggu, dan kemudian dapat melakukan tugas lain, sedangkan proses "spooler" itu sendiri adalah proses mengoperasikan printer.


Jika Anda memiliki pekerjaan print macet di antrian printer, Anda dapat menghapus dan mengatur ulang spooler print untuk melepaskan pekerjaan print yang macet. Sebelumnya anda harus masuk dulu sebagai administrator untuk mereset dan menghapus print spooler.

Berikut Cara Reset / Membersihkan Print Spooler di Windows 10


1. Buka command prompt atau ketik "CMD" di kolom search programs and files

2. Masukkan perintah di bawah ini ke prompt satu per satu, dan tekan Enter setelah setiap perintah. (Lihat gambar di bawah)

Net stop spooler  [tekan enter]

DEL / F / S / Q% systemroot% \ System32 \ spool \ PRINTERS \ *  [tekan enter]

Net start spooler  [tekan enter]

3. Setelah selesai, Anda bisa menutup command prompt diatas.

Cara mereset print_spooler


Itulah sediki tips dari kami, semoga bermanfaat.